Jumat, 28 Juni 2013

TREND DAN POTENSI KEJAHATAN KOMPUTER DAN INTERNET

Beberapa trend dan potensi kejahatan komputer dan internet:
  1. Internet Karakteristik User, potensi dari kejahatan ini berasal dari karakter user yang mungkin saja minta untuk di ganggu, bisa saja karena user itu mempunyai sesuatu dan menarik untuk dicuri, hal ini biasanya terjadi pada social network seperti facebook, twitter, dan lain sebagainya. Dimana user dalam hal ini memperlihatkan hal-hal yang menarik perhatian orang lain dan membuat ancaman pada user itu tanpa ia sadari. Tapi ada juga user yang sengaja untuk minta diganggu untuk mencari perhatian.
  2. Transaction Value, potensi ancaman yang muncul dari nilai transaksi yang ada dan nilai transaksi dengan jumlah besar. Hal ini biasanya terjadi pada bisnis online. Besarnya nilai dari transaksi ini, membuat munculnya kejahatan dan ancaman pada pengguna bisnis online.
  3. Interaction Frequency, potensi atau ancaman yang muncul karena seringnya berinteraksi dalam internet, sering menggunakan komputer dan ketergantungan akan internet. Jika user terlalu sering berinteraksi dalam dunia internet, maka kita akan mudah diketahui dan banyak hal tentang kita yang diketahui oleh orang lain. Hal ini dapat menimbulkan kejahatan yang ditimbulkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
  4. Communities Spectrum, potensi atau ancaman ini muncul karena meningkatnya jumlah suatu komunitas-komunitas. Ada beberapa komunitas yang berdiri dengan tujuan positif dan sangat bermanfaat tapi ada juga beberapa komunitas yang berdiri dengan tujuan negatif dengan memunculkan potensi serta ancaman bagi user lain.
  5. Usage Objectives, potensi dan ancaman yang muncul karena keragaman dalam penggunaannya. ada yang dalam penggunaannya bertujuan positif dan ada dalam penggunanannya bertujuan negatif. Yang bertujuan negatif inilah yang menjadi potensi serta ancaman bagi pengguna komputer dan internet yang lainnya.
Dari beberapa trend diatas, dapat kita nilai dari internet yang mempunyai arti:

  • Ancaman Meningkat (Threats) dan bentuk nyata dari hal ini dapat menyebabkan,
  • Serangan Meningkat (Attacks) , karena serangan meningkat maka terjadi lah,
  • Kejahatan Meningkat (Crimes), sesuatu yang sangat berbahaya bila terjadi.


Terdapat 4 domain yang rawan kejahatan, diantaranya sebagai berikut:
  1. Operating System Attacks, serangan ini dapat terjadi melalui upgrade windows, jika sistem operasi lumpuh dapat membuat data hilang.
  2. Applications Level Attacks, kejahatan yang terdapat pada aplikasi atau program, misalkan sering menggunakan aplikasi palsu.
  3. Shrink Wrap Code Attacks, kejahatan melalui apikasi bantu, misalkan ada aplikasi yang digunakan untuk membuka aplikasi lain.
  4. Misconfiguration Attacks, terjadi karena kesalahan user tersebut sendiri.
Sekian blog dari saya tentang trend dan potensi kejahatan komputer dan internet, mohon maaf jika terdapat kekurangan-kekurangan dalam blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar