Jumat, 28 Juni 2013

ASPEK KEAMANAN

Keamanan berinternet sangat penting bagi semua pengguna yang menggunakan internet dalam kesehariannya. Oleh karena itu dibutuhkan keamanan berinternet yang baik agar pekerjaan atau aktifitas yang dilakukan dengan internet tidak mengalami gangguan. Saat sekarang ini, aktifitas mengguankan inernet selalu meningkat sehingga menyebabkan beberapa potensi kejahatan dari berbagai aspek.

Aspek-aspek yang menjadi pintu masuk nya diantaranya:

1. Aspek Teknis.
   Tipe-tipe serangan pada aspek teknis:

  • Malicious code, serangan ini dapat menghapus data anda,juga dapat merusak sistem pada komputer anda..tanda awalnya komputer anda akan melambat, sering terjadi error, maupun ter-restart dengan sendirinya. hal ini disebabkan karena adanya virus atau worm yang mengontaminasi.
  • Vulnerabilities, serangan ini masuknya melalui kelemahan atau celah yang terdapat dalam sistem kita.
  • Spam maupun spyware, spam merupakan serangan yang sifatnya mengusik kenyamanan pengguna,serangan ini tidaklah merusak sistem spyware, sama seperti namanya serangan ini sifatnya untuk me'mata-matai, hal ini dapat merugikan apabila pengguna mempunyai field-field penting yang bersifat pribadi.
  • Phising dan identhify theft, phising merupakan serangan dimana para korban diarahkan pada situs yang sifatnya menjebak,pada kasus ini para korban akan diminta untuk mengisi biodata,sehingga biodata isi tersebut dapat digunakkan oleh sang penjebak demi keuntungan pribadi.
2. Aspek Bisnis.
   Tipe-tipe serangan pada aspek bisnis:
  • Manajemen Resiko, membuat dan mengidentifikasi resiko-resiko apa yang dapat menyerang keamanan sistem dan merencanakan cara mengatasinya.
  • Analisa Biaya, mempertimbangkan biaya yang dikeluarkan untuk pengamanan suatu sistem dan memikirkan biaya mana yang lebih besar dikeluarkan jika suatu sistem berhasil dirusak seseorang / sekelompok orang.
  • Mematuhi Peraturan, dengan mematuhi peraturan-peraturan keamanan organisasi maka hal ini dapat lebih meminimalisir resiko kerusakan keamanan sistem.
  • Manajemen Aset Digital, mengantisipasi resiko keamanan dengan membuat arsip dalam bentuk data dan disimpan pada suatu tempat yang aman dapat juga menjadi salah satu cara untuk pengamanan. Contohnya seperti menyimpannya pada harddisk external.
3. Aspek Social.
   Tipe-tipe serangan pada aspek sosisal:
  • Policy vs Design, antara membuat kebijakan / aturan yang mengharuskan seluruh karyawan untuk mematuhinya atau dengan membuat sistem yang mengharuskan penggunanya untuk mengganti password secara berkala agar keamanan sistem dapat terjamin.
  • Reward vs Punishment, jika seorang karyawan mampu mematuhi peraturan organisasi yang berlaku atau melaporkan seseorang yang tidak mematuhi peraturan akan diberikan hadiah. Sedangkan yang tidak mematuhi peraturan akan diberikan hukuman agar karyawan kembali mengikuti aturan yang ada.
Sekian blog dari saya tentang berbagai aspek keamanan, mohon maaf jika terdapat kekurangan-kekurangan dalam blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar