Jumat, 28 Juni 2013

E-MAIL SECURITY

E-mail merupakan singkatan dari Elektronic Mail yang berarti surat menyurat dalam Internet. E-mail banyak digunakan karena alasan mudah dikirim dan cepat sampai tujuan. E-mail tidak memerlukan kertas atau prangko, melainkan cukup mengetik melalui keyboard dan dalam hitungan detik setelah dikirim, surat akan sampai tujuan meskipun jarak penerima mencapai ribuan kilometer, tanpa batasan ruang dan waktu.

E-mail merupakan salah satu fasilitas dari Internet yang paling sering digunakan dan paling populer. Setidaknya setiap orang yang mengakses Internet, mereka pasti tidak lupa memeriksa kotak masuk (inbox) dalam e-mailnya, karena hanya inilah sarana pengiriman surat yang paling murah di dunia.

Ada dua bagian pada sistem E-Mail, yaitu:
  1. Mail User Agent (MUA), merupakan fasilitas E-Mail yang berhubungan dengan user untuk menulis, mengirim, membaca, serta menyimpan E-Mail. Contohnya: Eudora, Pegasus, Hotmail, Gmail, Ymail, Yahoo, dsb.
  2. Mail Transfer Agent (MTA), merupakan server yang bertugas mengirim, meneruskan dan menerima E-Mail.

Masalah-masalah keamanan yang terjadi pada E-Mail:
  1. Penyadapan, adalah masalah yang mengakibatkan adanya kemungkinan kebocoran informasi dan diketahui oleh pihak ketiga. Proteksi terhadap masalah ini bisa dengan enkripsi isi E-Mail.
  2. Pemalsuan, adalah masalah keaslian atau otentikasi. Proteksi terhadap masalah ini bisa dengan menggunakan digital signature atau tanda tangan digital.
  3. Penyusupan virus, adalah masalah yang dapat mengakibatkan kinerja komputer menjadi tidak normal. Proteksi awal terhadap masalah ini hanya bisa dari pihak pengguna, dimana pengguna harus selalu waspada terhadap E-Mail yang tidak dikenali.
  4. Spamming, adalah masalah yang dapat mengakibatkan pihak korban menerima E-Mail dari pihak tertentu secara kontinu. Proteksi untuk masalah ini bisa dengan menggunakan anti-spam seperti SpamAssassin.
  5. Mail Bomb, adalah jenis masalah yang mengirimkan banyak E-Mail kepada suatu pihak. Proteksinya bisa dengan membatasi ukuran E-Mail, Kuota disk atau bisa dengan menggunakan filter khusus yang mendeteksi duplikasi isi E-Mail.
  6. Mail Relay, adalah jenis masalah yang mengirimkan E-Mail kepada suatu pihak tetapi dengan menggunakan server orang lain. Proteksi yang dapat dilakukan yaitu dengan tidak menjalankan Open Relay.

Sekian blog dari saya tentang E-Mail Security, mohon maaf jika terdapat kekurangan-kekurangan dalam blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar